Fakta atau opini?

Sebagai seorang dosen dan peneliti dalam bidang kimia saya selalu berhubungan dengan data-data hasil eksperimen yang merupakan fakta yang digunakan untuk mendukung ide-ide dalam penelitian ilmiah. Saya juga mengajarkan kepada mahasiswa supaya menghindari kekeliruan dalam menginterpretasi data. Namun, dengan berkembangnya teknologi informasi, orang kadang-kadang tidak bisa lagi membedakan antara fakta dan opini.

Saya juga sering mendengar dan melihat perdebatan yang seringkali tidak jelas apa kesimpulannya. Dengan kata lain, diskusi yang tidak bermanfaat (menurut saya) karena hanya untuk mengiring opini tanpa fakta. Untuk itu, kita perlu paham mengenai perbedaan antara fakta dan opini. Berikut beberapa tips tentang cara membedakan fakta dan opini yang saya tunjukkan dalam skema di bawah ini.

Dari skema di atas jelas bahwa untuk membuktikan opini atau fakta kita perlu bertanya pada diri sendiri, “Bisakah itu dibuktikan”? Bukti yang mendukung sebuah fakta dapat dengan mudah ditemukan di buku-buku dan jurnal-jurnal di bagian referensi, serta dengan mencari secara online menggunakan sumber informasi yang dapat dipercaya, seperti situs web lembaga penelitian atau pendidikan terkemuka. Sumber-sumber ini akan memberikan bukti untuk fakta yang sama. Namun, untuk opini, apa yang dikemukakan mungkin berbeda antara sumber informasi.

Fakta juga tidak bias. Fakta tidak hanya mendukung satu perspektif dan menyajikan informasi secara obyektif. Untuk opini, pendapat yang dikemukakan mungkin bias dan ditulis dengan cara mencoba meyakinkan supaya orang percaya pada apa yang disampaikan atau dikatakan.

Saya harap kita sekarang tahu lebih banyak tentang fakta dan opini. Sudah saatnya kita mesti berpikir kritis. Carilah fakta bukan opini. Saya melihat di televisi ada orang yang selalu mengandalkan retorika menarik dalam berkata-kata dalam menyampaikan opini (bukan fakta) — sehingga ramai orang yang tertarik dengan argumennya. Saya harap kita jangan mudah tertipu dengan retorika.

Print Friendly, PDF & Email

Published by

Hadi Nur

This blog is mainly written for my own purposes. There has never been any claim that this is an original work.