Niat yang dirampok oleh setan

Niat adalah kunci kebahagiaan. Niat adalah keteguhan hati kita untuk mencapai sesuatu tujuan. Dalam hidup, kita perlu cita-cita. Ada yang diinginkan dan ada sesuatu yang ditargetkan. Orang yang berjalan lambat tapi punya tujuan dalam hidup, jauh lebih baik daripada orang yang berlari kencang tapi tidak punya tujuan dalam hidup. Untuk mencapai cita-cita, tentu perlu ada persiapan. Dengan persiapan yang baik, untuk niat yang baik, Insya Allah tujuan akan tercapai. Kita akan merasa bahagia jika keinginan kita tercapai. Jadi kesimpulanya adalah, kebahagiaan tidak akan ada jika orang tidak punya tujuan.

Niat perlu dikelola dan dikawal dengan baik untuk tujuan yang baik. Seperti seorang arsitek dalam membangun sebuah bangunan, kita perlu membayangkan atau berimajinasi seperti apa hasil dari niat yang akan kita lakukan. Walaubagaimanapun, niat baik, tidak akan selalu berhasil baik, karena ditengah jalan mungkin berubah karena dirampok oleh setan.

Sebagai contoh adalah shodaqoh sirri, shodaqoh yang dilakukan tanpa diketahui oleh orang lain. Dilakukan dengan diam-diam supaya amal ini diterima oleh Allah SWT karena keikhlasan. Niat ini perlu dikawal dengan baik supaya diterima oleh Allah SWT. Namun setan tidak pernah diam untuk membelokkan niat ini. Setan dapan membelokkan niat ini dengan jalan menggoda kita untuk mengungkit-ungkit kebaikan kita kepada orang lain, Otomatis niat yang baik ini tidak lagi menjadi amal yang baik. Kita tidak lagi menjadi orang yang ikhlas. Kita perlu mengawal dan selalu sadar supaya kebaikan tersebut tidak dibatalkan oleh setan.

Dalam bulan ramadhan ini saya menasehati diri saya supaya tidak pamer atau mengungkit-ungkit kebaikan. Hal yang cukup sukar dilakukan dalam zaman yang terbuka dengan berbagai macam fasilitas untuk pamer yang tersedia di media sosial. Kita harus mengawal diri dari godaan setan yang terkutuk!

Print Friendly, PDF & Email

Published by

Hadi Nur

Get in touch with me online. This blog has a table of content and mainly written for my own purposes and based on "Google here, Google there." There has never been any claim that this is an original work. You can use the customized search engine to search for anything on this website.