Jangan sesali apa yang telah terjadi

Mengetahui dan belajar sejarah penting untuk mengetahui makna dan hikmah kehidupan. Yang paling penting adalah, jangan sesali apa yang telah terjadi. Jangan selalu berandai-andai dengan skenario “bagaimana jika”. Ini yang disebut sebagai alternate history atau sejarah alternatif.

47265953101_a73cb173d9_h

Sejarah alternatif adalah genre fiksi spekulatif yang terdiri dari cerita-cerita di mana satu atau lebih peristiwa sejarah terjadi secara berbeda. Kisah-kisah ini biasanya berisi skenario “bagaimana jika” pada titik-titik penting dalam sejarah dan menyajikan hasil selain yang ada dalam catatan sejarah. Cerita-cerita tersebut bersifat dugaan tetapi terkadang didasarkan pada fakta.

Saya tidak pernah mengira saya akan tinggal di Malaysia dalam waktu yang sangat lama, lebih dari 20 tahun. Saya juga tidak mengira saya akan menjadi profesor di Universiti Teknologi Malaysia (UTM). Dulu, semua ini adalah ghaib. Kita tidak tahu apa yang akan terjadi. Masa depan juga ghaib. Itulah sebabnya kita wajib beriman pada hal yang ghaib, beriman pada qada dan qadar.

Rujukan
https://en.wikipedia.org/wiki/Alternate_history
https://ms.wikipedia.org/wiki/Qada_dan_Qadar

Published by

Hadi Nur

An ordinary man living in Johor Bahru, Malaysia who likes to write anything. This is table of content of my blog posts.