Keserakahan

Tulisan ini dibuat berdasarkan rujukan yang saya letakkan di bawah tulisan ini. Tujuannya adalah untuk memahami kenapa orang bisa bersifat serakah. Dengan memahaminya, sekurang-kurangnya kita tahu bahwa orang serakah itu sebenarnya adalah orang yang gagal mengontrol diri.

Keserakahan adalah kerinduan yang luar biasa atau tak terpuaskan untuk kelebihan yang tidak perlu, terutama untuk kelebihan kekayaan, status dan kekuasaan. Keserakahan adalah keinginan yang terlalu besar untuk memperoleh atau memiliki lebih dari satu kebutuhan. Hal ini disebabkan oleh ketidakpedulian yang berkaitan dengan ketidakmampuan untuk mengendalikan keinginan.

Keserakahan disebabkan oleh hal-hal berikut:

  • Pengalaman yang negatif pada masa lalu
  • Kesalahpahaman tentang diri sendiri, kehidupan atau orang lain
  • Rasa takut dan rasa tidak aman secara terus-menerus
  • Strategi maladaptif untuk melindungi diri. Maladaptif bermaksud kegagalan individu mengintegrasikan aspek-aspek identitas masa kanak-kanak ke dalam kematangan aspek psikisosial kepribadian pada masa dewasa yang harmonis.
  • Penyembunyian semua hal-hal di atas pada saat dewasa

Untuk tidak serakah, kita perlu memahami apa yang paling penting dalam hidup. Epicurus, filsuf Yunani berkata, “Kekayaan bukan dari berapa banyak harta yang dimiliki, tapi dari keinginan yang sedikit.” Kita perlu membedakan antara keinginan dan kebutuhan. Tidak memiliki perspektif yang seimbang mengenai keinginan dan kebutuhan akan memberikan persepsi yang cenderung kepada sifat materialistik.

Ayat Al-Quran mengenai keserakahan, (QS Al-Ahqaaf [46] : 20)

“Dan (ingatlah) pada hari (ketika) orang-orang kafir dihadapkan ke neraka (seraya dikatakan kepada mereka), “Kamu telah menghabiskan (rezeki) yang baik untuk kehidupan duniamu dan kamu telah bersenang-senang (menikmati)nya; maka pada hari ini kamu dibalas dengan azab yang menghinakan karena kamu sombong di bumi tanpa mengindahkan kebenaran dan karena kamu berbuat durhaka (tidak taat kepada Allah).”

Saya sangat bersyukur kepada Allah SWT karena dibesarkan dari keluarga yang agamis, berpendidikan dan sederhana. Semoga kita dijauhkan dari sifat serakah.

Rujukan 
https://en.wikipedia.org/wiki/Greed
http://personalityspirituality.net/articles/the-michael-teachings/chief-features/greed/
http://www.globalethicsuniversity.com/articles/greed.htm